Pengertian dan fungsi Domain

Pengertian dan fungsi Domain

Ketika anda hendak terjun ke dunia blogging atau website ada baiknya jika mempelajari beberapa hal seperti apa itu hosting, url, IP address, domain, dll. Ini adalah nama-nama penting dalam dunia blogging atau website. Namun dalam artikel kali ini, yang akan dibahas adalah domain dan fungsinya dalam sebuah website atau blogging.

Pengertian domain

Domain adalah nama untuk alamat web atau blog yang akan dibuat. Dengan adanya domain maka orang akan lebih mudah mengingat dan mengakses informasi yang diinginkan.

Ketika Anda hendak mencari informasi yang ada di internet biasanya Anda akan memasukkan sebuah alamat yang disebut dengan IP Address. IP Address adalah deretan angka, yang ditujukan untuk sebuah website alamat di internet tertentu. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mengingat alamat yang terdiri dari deretan angka ini, maka dari itu untuk mempermudah seseorang mengakses informasi yang mereka inginkan, dibuatlah sebuah domain, agar orang lebih mudah mengingat alamat web atau blog tertentu, contoh domain adalah www. contoh.com, sedangkan contoh sebuah IP Address 77.98.257.105. Ketika Anda hendak mencari informasi di internet, tidak perlu menggunakan IP address. Anda hanya perlu memasukkan nama domain yang dimaksud, maka alamat yang dituju pun akan pengguna dapatkan.

Domain sendiri terdiri dari 3 kelompok, yaitu label, top domain, sub domain.

Fungsi domain

Fungsi domain sendiri adalah untuk memudahkan pengguna mencari alamat web atau blog yang diinginkan. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa domain terbagi menjadi 3 bagian, yaitu ;

Label

Yang dimaksud dengan label adalah sebuah nama yang berada di antara titik, ini adalah nama sebenarnya sebuah web atau blog, contoh www.contoh.com, maka kata “contoh” adalah label dari web tersebut. Dengan hanya mengakses kata “contoh” maka mesin pencari akan langsung menunjukkan alamat web atau blog yang dimaksud pengguna.

TLD

Atau singkatan dari Top Level Domain, ini adalah kata di belakang titik. Top LTD dibagi menjadi 2 bagian,

Kode negara, contohnya.id (kode Indonesia), .us (kode Amerika), .ca (kode Canada), .ru (kode Rusia), dll.

Kode umum, dan yang paling banyak digunakan, .com, .net, . edu, dll.

TLD sendiri mempunyai beberapa fungsi, seperti ;

.com adalah alamat yang paling banyak digunakan, berasal dari bahasa Inggris yang berarti komersil.

.org akhiran ini biasanya digunakan oleh organisasi.

.net akhiran yang satu ini digunakan oleh mereka yang bergerak dalam bidang jaringan.

.edu, akhiran ini biasanya digunakan oleh mereka yang bergerak dalam bidang pendidikan .

.gov akhiran ini biasanya digunakan untuk bagian system kepemerintahan.

Domain tambahan

Domain tambahan adalah nama tambahan setelah nama label. Hal seperti ini biasanya ada di beberapa blog. Sebagai contoh adalah blog kelelawar.blogspot.com. Domain tambahan ini biasanya digunakan untuk menegaskan isi dari blog atau nama pembuat blog tersebut.

Domain ini digunakan untuk mempermudah para pengguna mengakses web atau blog yang diinginkan. Dalam membuat domain tidak terdapat aturan secara pasti mengenai besar atau kecilnya huruf yang akan digunakan. Namun ketika Anda hendak mencari penyedia domain yang dapat dipercaya tidak ada salahnya jika menggunakan penyedia layanan hosting terpercaya hosting satu. Selain menyediakan domain, penyedia layanan ini juga menyediakan beberapa layanan lainnya yang tentunya sangat berguna untuk Anda yang bergerak di bidang website atau blogging.

About the Author

Leave a Reply