Ketahui hal ini sebelum update WordPress 5.0

Salam hangat untuk pelanggan setia tokosatu.com dan pengunjung website tokosatu.com.

Wordpres baru saja merilis versi terbarunya yakni wordpress v5.0, tepatnya pada tanggal 6 Desember 2018. Banyak sekali update terbaru yang diterapkan mengingat ini adalah update versi v4 ke v5, informasi lengkap bisa dilihat merujuk ke situs wordpress(dot)org.

Khusus untuk pelanggan setia tokosatu.com, jika berniat untuk melakukan update versi wordpress ke versi 5.0, sangat di anjurkan untuk menunda terlebih dahulu, mengapa menunda update? Sabar gan/sis 🙂 silahkan dilanjutkan membaca hingga selesai? 🙂

Informasi ini dikhususkan untuk pengguna theme smart toko, namun tidak menutup kemungkinan pengguna theme lainnya.

Hal yang perlu diketahui sebelum update ke wordpress 5.0.

Salah satu update yang diterapkan oleh wordpress v5.0, text editor modern yang telah di infokan oleh wordpress pada versi 4.9.x (dan versi dibawahnya) bahwa pengguna wordpress v5.0 di wajibkan menggunakan text editor modern tersebut. Sehingga, theme yang menggunakan custom post (contoh: smart toko, lapax theme) berdampak pada saat anda melakukan edit/tambah produk.

Ketika anda update ke wordpress versi 5.0, kemudian melakukan penambahan atau pengeditan produk, maka halaman yang ditampilkan akan error / blank (warna putih) / tidak menampilkan apa-apa waulupun di refresh. 

Oleh karena itu, sebelum melakukan update sangat disarankan untuk menunda update terlebih dahulu.

Jika wordpress sudah terlanjur di update, berikut solusi yang dapat anda terapkan:
1. Login ke halaman dashboard / admin website.

2. Klik menu Plugin –> Add New Plugin

 

 

 

 

 

 

3. Pada Form Pencarian Plugin, ketik : Classic Editor

4. Intall plugin Classic Editor, kemudian aktifkan.


5. Selesai.
6. Silahkan coba edit/tambah produk.

Semoga informasi tentang Hal yang perlu diketahui sebelum update WordPress 5.0 dapat menambahkan wawasan dan mungkin mengatasi kendala yang terjadi pada website anda.

Terima kasih.

About the Author

Leave a Reply