Cara Instal Plugin JetPack

Blogger dari wordpress dot com yang baru pindah ke domain TLD (Top Level Domain) pasti kebingungan, sebab pada blog wordpress berbayar tampilan dan dasbornya berbeda dengan wordpress dot com. Tidak ada sitestats dan lainnya. Kita harus menggunakan google analytics untuk melihat statistic blog kita. Atau untuk membuat tampilan blog wordpress berbayar seperti wordpress.com harus menempatkan plugin-plugin yang sesuai fungsinya. Terlalu ribet. Terkadang sering salah memilih plugin yang tidak kita inginkan. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Solusinya cukup dengan satu Plugin Jetpack. Plugin Jetpack berfungsi untuk mendapatkan tampilan dasbor seperti pada wordpress dot com. Gampangnya mengkoneksikan antara akun wordpress.com kita dengan wordpress.org. Semua fungsi wordpress dot com ada dalam blog wordpress kita. Dengan Jectpack kita bisa mengurangi kebanyakan memasang plugin yang menyebabkan blog kita lemot.

Cara Install Plugin Jetpack

Cara menginstall plugin ini sama seperti ketika kita hendak instal plugin lain. Berikut ini langkah-langkah cara install plugin Jetpack:

1. Login ke blog kita bloganda.com/wp-admin

2. Pilih Plugin –> Add New

3. Search plugin yang kita inginkan dengan keyword: Jectpack

4. Langsung ketemu Jectpack by WordPress.com dan install Now. Setelah selesai dan sukses, silakan aktifkan plugin

5. Koneksikan akun wordpress.com (blog gratis) kita dengan blog baru anda, klik Connect to wordpress.com

6. Masukkan username dan password akun wordpress.com kita

Pastikan username dan password blog dengan benar. Username dan password yang dimasukkan adalah username dan password pada akun wordpress.com lalu klik Autorize Jetpack

7. Connected, akun wordpress.com anda telah terkoneksi ke blog baru dengan domain berbayar

Sekarang anda bisa melihat menu Jectpack pada dasbor, tinggal disetting saja. Ada banyak opsi di dalamnya. Jika anda mengalami kesulitan dalam menginstall plugin jetpack, cobalah untuk install ulang wordpress.org dengan dibackup terlebih dahulu. Atau bisa bertanya kepada rumput bergoyang yang lebih hijau di sebelah anda #loh 😆

Demikian cara install plugin Jetpack dengan mudah.

Diadaptasi dari http://aritunsa.com

About the Author

Leave a Reply