CAll Us: 0812-7396-2328 Live Chat Submit Ticket

Panduan Setting Email di Android

Persiapan Setting Email di Android

Sebelum melakukan setting email di Android, tentu saja anda harus mempersiapkan informasi manual settings dari email yang dapat anda peroleh di Webmail.
enter image description here
Manual settings tersebut sangat berguna dalam proses pembuatan akun email pada Smartphone Android anda. Terdapat username yang merupakan alamat email itu sendiri, kemudian password. Lalu terdapat Incoming server dan Outgoing Server beserta port yang dimiliki masing- masing. Informasi inilah yang menjadi dasar sinkronisiasi email domain dengan smartphone Android anda. Untuk mengetahui step- step untuk menuju ke tahap ini, maka sebelumnya anda harus membaca Panduan Setting Email di Outlook terlebih dahulu.

Setting Email di Android

Setelah informasi email tersebut diperoleh, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan setting email di Android. Adapun langkah- langkahnya yaitu,
1. Silahkan buka pengaturan email pada smartphone Android yang anda miliki. Biasanya, pengaturan email terdapat di menu Setelan atau Settings. Kemudian pada bagian Akun pilih Email.
enter image description here
2. Lalu anda akan diarahkan ke halaman pilihan penyedia email. Pilih Other (POP3/IMAP) agar anda dapat melakukan setting email dengan domain sendiri di Android.
enter image description here
3. Setelah itu, pilih metode konfigurasi dalam setting email di Android. Apakah menggunakan IMAP atau POP3. Sebaiknya gunakan IMAP saja, karena IMAP sifatnya dapat sinkronisasi dua pihak antara client maupun server. Sebagai contoh, anda akan menghapus email yang masuk dari smartphone android. Maka di sisi server, email tersebut juga akan terhapus
enter image description here
4. Kemudian anda akan diarahkan ke Halaman Pengaturan Server Masuk (Incoming Server). Tuliskan nama email, nama pengguna dan password sesuai dengan informasi manual settings. Untuk Server IMAP tuliskan sesuai dalam informasi manual settings. Adapun jenis keamanannya pilih SSL/ TLS agar lebih aman. Dan tuliskan port IMAP yaitu 993. Lalu klik Berikutnya.
enter image description here
5. Kemudian pada halaman Pengaturan Server Keluar (Outgoing Server) isikan sesuai dengan informasi manual settings. Tuliskan nama server SMTP beserta port nya. Pilih SSL/ TLS untuk keamanan data. Tuliskan nama pengguna dengan alamat email beserta passwordnya. Setelah itu klik Berikutnya.
enter image description here
6. Anda dapat melakukan pengaturan dalam proses sinkronisasi email. Misalnya, frekuensi pemeriksaan kotak masuk, periode sinkronisasi email, dan beberapa pengaturan lainnya yang dapat anda pilih. Lalu klik Berikutnya.
enter image description here
7. Tunggu hingga proses sinkronisasi selesai. Setelah proses sinkronisasi selesai, maka akan muncul tampilan pengelolaan email seperti kotak masuk, kotak keluar, kotak terkirim dan sebagainya
enter image description here

Closing

Setting email di Android merupakan hal yang mudah dilakukan. Anda dapat melakukan setting email di Android seperti anda melakukan setting email di Outlook. Hanya butuh informasi akun email POP3/ IMAP, maka anda dapat melakukan sinkronisasi email domain dengan akun email di smartphone android.

About the Author